Apa Pengertian Jasa? Devinisi Jasa? Bidang Jasa?

Apa Pengertian Jasa? Devinisi Jasa? Bidang Jasa? dalam atikel ini anda akan segera mengetahuinya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk siapa saja yang memiliki pertanyaan Apa Pengertian Jasa? Devinisi Jasa? Bidang Jasa?. Selamat membaca.

Pd bidang ilmu pengetahuan ekonomi, jasa maupun layanan ialah kegiatan ekonomi yg melibatkan beberapa hubungan dgn pengguna jasa maupun dgn harta benda milik, namun tak membuahkan pengalihan legalitas hak milik.

Definisi Jasa

Tidak Sedikit pakar yg mendefinisikan “jasa” diantaranya ialah:

  1. Phillip Kotler: jasa ialah setiap tindakan maupun etos kerja yg diberikan satu individu atau golongan atau kelompok ke individu lain yg kemudian disebut dengan intangibel & tak mengakibatkan perpindahan legalitas hak milik apapun. Produksinya dapat berhubungan & dapat pula tak terikat Pd satu produk fisik.
  2. Adrian Payne: jasa ialah kegiatan ekonomi yg memiliki beberapa elemen (nilai maupun kegunaan) intangibel yg berkaitan dgnnya, yg melibatkan beberapa hubungan dgn pengguna jasa maupun dgn harta benda milik, namun tak membuahkan pengalihan legalitas hak milik. Perubahan daiam kondisi dapat saja muncul & produksi satu jasa dapat memiliki maupun dapat pula tak memiliki kaitan dgn produk fisik.
  3. Christian Gronross: jasa ialah proses yg terdiri atas serangkaian kegiatan intangible yg biasanya(namun tak harus selalu) terjadi Pd hubungan antara pelanggan & karyawan jasa & maupun sumber daya fisik maupun materi & maupun sistem penyedia jasa, yg disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan”. hubungan antara penyedia jasa & pelanggan kerapkali terjadi Pd jasa, sekalipun individu-individu yg terlibat mungkin tak menyadarinya. Selain itu, dimungkinkan ada situasi di mana pelanggan sebagai individu tak berhubungan langsung dgn perusahaan jasa.

Pengertian Jasa

Karakteristik Jasa – Layanan

Acapkali diucapkan jika jasa memiliki karakteristik berbeda yg memperbedakannya dari materi maupun barang-barang buatan pabrik/fabrican. 4 karakteristik yg amat kerap sekali kita temukan Pd jasa & pembeda dari materi Pd umumnya ialah:

Jasa Tak berwujud

Jasa bersifat abstrak & tak berwujud, berarti jasa tak dapat dilihat, dirasakan, dicicipi maupun disentuh seperti yg dapat dirasakan dari satu materi.

Jasa Heteregonitas

Jasa merupakan variabel non – standar & sangat bervariasi. Artinya, karena jasa itu berupa satu etos kerja, maka tak ada hasil jasa yg sama walaupun dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan oleh hubungan manusia (karyawan & pengguna jasa) dgn segala perbedaan harapan & persepsi yg menyertai hubungan tersebut.

Jasa Tak dapat Dipisahkan

Jasa umumnya dihasilkan & dikonsumsi Pd saat yg bersamaan, dgn partisipasi pengguna jasa Pd proses tersebut. Berarti, pengguna jasa harus berada di tempat jasa yg dimintanya, sehingga pengguna jasa melihat & bahkan ikut ambil bagian Pd proses produksi tersebut.

Jasa Tak Tahan Lama

Jasa tak mungkin disimpan Pd persediaan. Artinya, jasa tak dapat disimpan, dijual kembali kePd orang lain, maupun dikembalikan kePd produsen jasa dimana ia membeli jasa.

Bisnis Jasa

Contoh dari bisnis jasa yg perkembangannya cukup pesat ialah:

  • Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankan
  • Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan & perbaikan
  • Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi
  • Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan
  • Administrasi umum: pendidikan, pemerintah.

source: wikipedia Indonesia and others

Leave a comment